Cara Mengetahui Kadar Kolesterol Tinggi – Seringkali terjadi secara tiba-tiba seseorang mengalami serangan jantung atau stroke yang terjadi akibat dari kadar kolesterol tinggi yang tidak disadari oleh penderita. Tingginya kadar kolesterol dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit yang berbahaya. Lalu bagaimana cara mengetahui kadar kolesterol dalam darah meningkat atau tinggi ?

Terkadang seseorang tidak menyadari bahwa kadar kolesterol dalam darahnya tinggi karena memang sebenarnya tidak ada gejala yang khusus yang ditimbulkan akibat seseorang itu memiliki kolesterol tinggi. Tetapi dilihat dari penyebab penyakit yang lain yang ada dalam tubuh seperti pembuluh darah tersumbat, penyakit jantung koroner. Namun pada hakekatnya anda bisa mengetahui kadar kolesterol dalam darah dengan melakukan pemeriksaan darah.

Seseorang sebaiknya melakukan pemeriksaan darah pada kurun waktu lima tahun sekali dan dilakukan pada saat seseorang telah mencapai umur 20 tahun. Bgi laki-laki ada baiknya tes dilakukan pada saat berusia mulai dari 20-35 tahun dan untuk wanita dari usia 20-45 tahun. Apabila setelah dilakukan pemeriksaan bahwa kadar kolesterol normal maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lagi secara rutin. Bila diketahui memiliki kadar kolesterol yang tinggi maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih sering.

Ada tiga pemeriksaan yang harus dilakukan yaitu tes untuk kadar kolesterol total, kolesterol baik, kolesterol jahat.Kadar kolesterol dapat dikatakan normal apabila :

  • Kolesterol baik, melebihi dari 50 mg/dl
  • Kolesterol jahat, antara 70-30 mg/dl
  • Kolesterol total, jumlahnya kurang dari 200 mg/dl

Segera periksakan kadar kolesterol anda apabila memiliki masalah dengan berat badan yang berlebih, terdapat riwayat anggota keluarga yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan seiring bertambahnya usia.

 

 

 

www.juskulitmanggis.co.id

Advertisements