Penderita Diabetes, Bolehkah Makan pada Larut Malam? – Mungkin karena terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari dan tidak teratur menyebabkan jadwal makan terganggu sehingga baru sempat makan pada larut malam. Namun ada baiknya bila anda menderita diabetes atau prediabetes. Karena makan larut malam mungkin berbahaya serta dapat meningkatkan resiko kadar gula darah meningkat.

Sebenarnya penderita diabetes boleh makan pada larut malam namun dengan porsi makan yang terbatas serta perlu diperhatikan mengenai kandungannya. Bila anda makan pada sore hari atau sekitar jam 5 atau jam 6 dan kemudian merasa lapar pada malam harinya maka beresiko menambah asupan karbohidrat dalam sehari. Tambahan karbohidrat ini tentu saja akan meningkatkan kadar gula dalam semalam karena obat diabetes anda kemungkinan tidak dapat mengendalikan kelebihan karbohidrat serta glukosa yang anda makan di luar jadwal yang biasanya.

Makan pada larut malam akan dapat menambah kalori dan kebanyakan kalori tentu menyebabkan berat badan naik. Pada penderita diabetes bila terjadi kelebihan berat badan tidak baik karena tubuh mengalami kesulitan dalam mengurai glukosa serta memproduksi insulin.

Lain halnya terpaksa untuk makan pada larut malam maka sebiknya menghindari makanan atau camilan yang banyak mengandung karbohidrat, lemak, kalori dan gula tinggi. Seperi kentang goreng, nasi, mie instan, keripik kentang, roti dan daging. Sebaiknya dimakan pada keesokan harinya. Hindari juga camilan manis yang mengandung kalori yang cukup tinggi seperti se krim dan cake.

Dan setela makan juga, anda tidak dianjurkan untuk langsung berbaring atau tidur. Karena apabila langsung tidur beresiko akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti refluks asam lambung (maag). Sebaiknya menunggu dua jam sebelum tidur. Makanlah dengan perlahan, karena bila makan dengan terburu-buru akan menyebabkan anda tidak menyadarinya kalau perut sudah kenyang. Dan usahakan makan pada larut malam tidak dibiasakan terlebih telah didiagnosis terkena diabetes atau prediabetes.

Untuk menghindari gula darah naik, pilihlah makanan atau camilan yang sehat. Dan menu makanan yang bisa anda pilih yaitu sup kaldu bening tanpa nasi, telur dadar, tumis sayur, salad sayuran dan bubut oatmeal. pilihlah juga camilan yang aman untuk anda seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, yogurt plain yang rendah atau bebas lemak. Dapat juga menambahkan air putih ditambah dengan potongan lemon atau timun, teh kayu manis. Kunjungi www.obatdiabetes.co.id

 

 

Advertisements